Kelas Pengantar Data Spasial 02

Beranda » Tak Berkategori » Perkembangan Teknologi dalam Pemanfaatan Data Spasial

Perkembangan Teknologi dalam Pemanfaatan Data Spasial

Dewasa ini, meluasnya pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan perkembangan teknologi dalam memperoleh, merekam, dan mengumpulkan data yang bersifat keruangan (spasial) berdampak pada perkembangan pemanfaatan data spasial yang meningkat secara drastis. Sistem informasi atau data yang berbasiskan keruangan pada saat ini merupakan salah satu elemen yang paling penting, karena berfungsi sebagai pondasi dalam melaksanakan dan mendukung berbagai macam aplikasi. Data spasial merupakan salah satu item dari informasi, dimana didalamnya terdapat informasi mengenai bumi termasuk permukaan bumi, dibawah permukaan bumi, perairan, kelautan, dan bawah atmosfir (Rajabidfard dan Williamson, 2000). Karakteristik utama dari data spasial adalah bagaimana mengumpulkannya dan memeliharanya untuk berbagai kepentingan. Perkembangan teknologi yang cepat dalam pengambilan data spasial telah membuat perekaman terhadap data berubah menjadi bentuk digital, selain itu relatif cepat dalam melakukan prosesnya.

Terdapat empat prinsip yang dapat mengidentifikasikan perubahan teknologi perekaman data spasial selama tiga dasawarsa ini. Prinsip tersebut adalah
1. Perkembangan teknologi
2. Kepedulian terhadap lingkungan hidup
3. Konflik politik atau perang
4. Kepentingan ekonomi.

Data spasial bisa didapatkan dari citra satelit, peta analog, foto udara, data tabular, dan data survei. Terdapat dua model dalam data spasial, yaitu model data raster dan model data vektor. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, selain itu dalam pemanfaatannya tergantung dari input dan output yang akan dihasilkan. Model data tersebut merupakan representasi dari obyek-obyek geografi yang terekam sehingga dapat dikenali dan diproses oleh komputer.

Oleh NIM 15413069

Sumber : ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2007/06/dhani-dataspasial.doc


Tinggalkan komentar